M E R B A B U

7:43:00 AM

Waw.
Ini bener bener udah lama banget sejak gue terakhir ngepost. Gue kayak gak mood ngeblog gitu loh lately. Terus juga lagi galau kan wkwk makin ga pengen ngapa-ngapain.
But i decided to post it because i'm suuuuper happy!
Jadi, tanggal 10-12 Agustus kemarin, gue abis naik gunung merbabu! wah. udah gila. gak maen-maen.
Ini tuh bermula dari ajakannya Fajar alias kang Ajay di grup chat angkatan buat naik gunung sebelum masuk kuliah. Tadinya ajakannya gue anggap angin lalu doang tuh wkwk. Abisnya gimanaa wkwk gue sih pengen mah pengen aja tapi jogging aja muka gua merahhh, ke indomaret depan kosan aja mager bgt, ini lagi segala sok sokan naik gunung.
Lalu, kejadian malang itu menimpaku.
JEDERRR!
Waw.
Aku putus.
Galau. Nangis seminggu. Gak ngapa-ngapain kerjaannya nangis doang huhuhuhuhuhuhuhuh sedih.
Kemudian aku bertekad untuk keluar dari keterpurukan ini dan ingin mencoba hal baru.
Akhirnya ku teringat akan pesan Fajar di grup.
Gue chat lah itu si Fajar, bilang mau ikut naik gunung. Nah setelah Fajar berunding sama Eko, bisa lah tuh gue join pendakian. Tapi cewek nya baru gue doang T-T wakwaw
Langsung ajakin Nia karena dia emang pengen banget naik gunung kan anaknya. Oke deh tuh.
Terus baru deh nanya Fajar, emang kita mau naik gunung mana?
Dia bilang mau ke Merbabu.
HAH?!
Wah. Memang aku tidak berpikir. Join aja dulu, mati belakangan.
Tapi gapapalah, pengalaman. Masih optimis.
Fajar bilang jangan lupa buat olahraga, Nia juga ngingetin buat jogging terus. Lah gua buat bangun aja gak ada tenaga gegara galau gak nafsu makan ini gimana larinya woi?!
Tapi gue tetep gerak sih dikit dikit. Kayak joget joget wkwk, sit up, push up dll.

H-1, kita ngumpul buat bahas hari keberangkatan. List barang ini itu, peringatan ini itu, hiiiiiii takut. Gue bilang ke Fajar berkali-kali kalo nanti jalannya jangan cepet cepet:(
Akhirnya tibalah hari H nya. Hiiii takut.
Foto duluu sebelom tau bakal sial yekan.



     Perjalanan ke basecamp suwanting (kita lewat jalur suwanting) naik motor makan waktu sekitar 3 jam. Belum apa-apa paha gue udah pegel duluan. Nyampe basecamp, kita istirahat dulu sekalian sholat dan makan. Mulai naik tuh sekitar jam 4an, hiiii gue deg-degan. Jalan udah mulai nanjak.

OHMAIIIIGAWD gua udah ga kuat men. Belom juga nyampe gapura nya gua udah gak kuat huhu gue muntah-muntah terus, tapi temen-temen pada sabar menghadapi aku yang lemah ini. Udah deh tuh jalaaaan terus gue udah mengeluh terus ke Nia ya karena itukan memang hobi ku ya.

"Nia huhuh Nia gue udah gak kuat"
"Nia gue balik lagi aja apa ya"
"Huhuhu Nia gimana nih"

Tapi Nia terus nyemangatin huhuhuhu luv u. Terus waktu lagi istirahat bentar di pos ojek deket gapura, gue udah serius banget tuh mikir "Ah gue kayaknya gak jadi deh gue udah gak kuat huhuhu gue nunggu di basecamp aja"
Terus Nia bilang "Di basecamp sama siapa ih?! sendirian. Ayo Vi itu liat tuh udah 1500an Mdpl!! Ayookkk setengah lagi Vi" ya ampun, itu bener-bener magic words buat gue huhu makasih Nia :') . Bikin gue mikir "anjir udah 1500an ayolah setengah lagi 1500 lagi!" padahal mah masih jauuuuhhh gile aku tertipu semangat ku sendiri.

Ini mah foto pas udah turun. Pas naik mah boro boro foto. Kuat berdiri & jalan aja udah syukur.
Happy banget ya?

Lanjut jalan, jalanan nya naikk terus bos ya Allah gue udah mo nyerah aja tapi Alhamdulillah temen-temen gue bener-bener pada baik, pengertian dan sabar semuaa huhuhu :") mau nangis
"Lu baru pertama kali naik gunung kan? Gapapa wajar banget ini mah". i love u guys

Jalaaaannn terus tapi banyak istirahatnya karena aku lemah :') nyampe tas gue dibawain sama Ami gegara gue gak kuat bawanya huhu makasih Ami.


Akhirnya kita nyampe pos 2 di malam hari dan mutusin buat ngecamp disana karena udah kemaleman buat naik lagi ke pos 3. Bikin tenda, masak, makan, tidur deh nyiapin diri buat lanjutin naik lagi ke pos 3, sabana dan puncak.

Pada cantik cantik, aku kentang sendiri :(
Pos 2 di pagi hari setelah bangun tidur

Kita sarapan dulu dong abis itu baru lanjut naik lagi.
Biasa, awal awal gue muntah muntah lagi dan gak kuat. Padahal pas semalemnya tuh udah gesit gitu gue lihai sekali naik naik ke batu. Dan tiba-tiba di tengah perjalanan, kejadian malang kembali menimpaku.
SEPATU GUE JEBOLLLL ALLAHUAKBAR
sedih banget ih ya Allah. Terus Fajar sama Eko bantu ngebenerin, ditaliin gitu sepatu gue pake tali sepatunya Fajar yang udah dia potong.
Ya Allah, udah kayak descendants of the sun.
Terus kita lanjut jalan dengan sepatu ku yang terseok-seok.

gue naik naik beginian men, mau nangis gak sih lu

Sepatu gue masih bisa dipake sih, masih ada alasnya gitu loh walaupun rada tipis. Jalan sekitar berapa jam yah? lupa. Alhamdulillah akhirnya kita sampe di pos 3. Tapi itu masih mayan jauh buat ke puncaknya lagi wkwk. Gapapa, kita istirahat sekalian makan siang dulu. Niat nya mah mau foto-foto pake polaroid yah, eh gakbisa dong huhu. Gatau karena suhu atau gimana yah tapi pas dicoba di kamar sebelum berangkat mah baik baik aja. Ibarat kemarin masih baik-baik aja eh tiba-tiba bilang udah gak bisa dilanjutin lagi hubungannya. YHHHAAAAAAHHH.


Cantik banget. Depan kita lautan awan dan merapi :') huhuhu senang. Tapi capek. Tapi senang.
Abis makan kita lanjut naik lagi ke sabana sebelum sampe puncak. Gosong men, siang bolong naik naik sabana :") Sabana beneran ya, bukan sabana fried chicken ihihihihi garing.

Sabana Merbabu via Suwanting
Gue udah gak kuat banget men, akhirnya gue di barisan terakhiran bareng Fajar dan Garuda. Baik banget mereka tuh, sabar banget nemenin gue. Sampe Garuda tuh pijitin kaki gue tau huhuhu terus dia juga bilang, "Lu kalo udah gak kuat, udah ngerasa dibates maksimal diri lu, yaudah sampe sini aja gapapa. Gue temenin. Lu baru pertama kali ndaki kan? Sampe sini juga udah bagus. Udah bagus banget malah" iiiiiii huhuhuhuhu :")
Tapi udah segini jauhnya, masa gue gak sampe puncak? gak boleh gak boleh. Gue bisa, gue bisa. Bisa gila.
Habis istirahat sebentar, gue, Fajar sama Garuda ngelanjutin naik tapi santai banget jalannya. Gapapa pelan pelan tapi pasti. Tapi panaaaasss banget, itu yang bikin gue makin gak kuat. Sampe gue jalannya tuh pake bantuan tongkat taugaksih dari dahan pohon gitu dicariin sama si Eko. Gue sayang banget sama tu tongkat jadi gue namain Merbaby, wkwk yoi gaktuh.
Sepanjang hamparan sabana gue udah kayak "Ini serius nih gue naik ke atas situ?"


And with my last braincell, gue lanjutin naik karena puncaknya tuh ada dibalik sabana itu. Gue udah gak bisa mikir apa-apaan lagi, dan sepanjang naik gunung tuh gue kebanyakan diem karena kalo ngeluh yang diomongin gitu malah makin capek bok.
"Ayo Vi dikit lagi itu dibalik sabana tuh puncaknya!"
"Ayo 10 menit lagi sampe nih!"
Pale lu 10 menit.
Gue hiraukan ajalah wkwk yang penting tetep jalan. Daaaannnnn.... Yeayy! Alhamdulillah akhirnya bisa sampe puncak!

Puncak Triangulasi Gunung Merbabu

Ya Allah.
Seorang Alifia Nur Halizah yang jalan dari parkiran mall ke tempat makan aja engap, naik tangga FIB aja ngos-ngosan, berhasil sampe puncak Merbabu :')
Seeennneeeeengggg huhuhuhuhu
Bagus banget men ga boong. Gue berada di bumi, tapi deket dengan langit. Ngeliat puncak Merapi dari atas, dikelilingi awan. Masya Allah. There's no words to describe how beautiful it is.

Teman-teman tertjinta



Gak nyangka banget sih, gue naik ke Merbabu dengan sepatu jebol woi?! :")
Setelah puas mengagumi keindahan ciptaan Sang Pencipta dan ambil foto-foto, kita turun lagi.
JAH
Lewatin sabana lagi. Alifia Keong Nur Halizah ini beraksi lagi. Lamaaaa banget jalannya huhu tapi kalo turun emang bisa lebih cepet sih. Terus Fajar bilang, "Lu pake sepatu gua aja."
"Lah ntar lu pake apa?"
"Gampang ntar gue nyeker aja"
Dih. Mau nangis.
Dia kasian kali ya sama gua, emang muka gua minta dikasianin sih.
Terus gue sama Fajar tukeran sepatu. Sepatu gua yang jebol pemberian mantan itu digantungin di sisi tas.
Kasian banget tengah siang bolong nyeker di sabana coba lu bayangin dah. Utang darah nih gua sama dia.
Ternyata turun pun tak semudah yang dibayangkan. Makin ribet men karena bisa aja kepleset gitu. Yaudah akhirnya gue sosorodotan wae di sabana. Dari sabana nyampe pos 3, istirahat bentar. Gue minta tukeran sepatu lagi kan sama si Fajar, ehhhh dia gak sengaja jatohin sepatu gua dong pas sosorodotan :"( jadinya ketinggalan di sabana apa dimana kali gatau.


Akhirnya gue pake sepatu Fajar lagi buat turun dari pos 3 ke pos 2. Jalanan nya ekstrim banget men parah batu sama pasir semua. Turun juga sama, sosorodotan tapi di pasir. Gue udah kayak Avatar, meluncur sambil bawa bawa tongkat. Mana turunnya pelan pelan gitu kan, alhasil kita nyampe pos 2 tuh udah malem dan harus ngecamp satu malem lagi. Garagara akunya lama jalan sama turun gunungnya. Hehe maafin.
Nyampe pos 2 kita makan malem dulu baru tidur. Kakinya Fajar melepuh terus kapalan gitu dong huhu maafin ya Jar :(

Pagi nya abis bangun, gue ga berani buat keluar tenda. Gue gak enaaaakkkkk banget sama si Fajar beneran inimah huhu pengen di tenda aja biar gak make sepatunya huhu tapi temen-temen semua udah ngumpul buat sarapan. Tapi anaknya mah selow selow aja malah baik banget nawarin roti, kentang, segala macem.

Abis makan, beberes terus siap-siap buat turun. Turun pun gak bisa cepet cepet karena gue badannya berat, Fajar dan Eko gak pake alas kaki (sepatunya Eko juga jebol wkwk) dan Garuda takut ketinggian. Tapi Naila cepet banget turunnya udah kayak kuda. Terus tiap jalan kalo Fajar meringis kesakitan, hati gue juga kayak tersayat gitu WKWKWKWKWKWK DIH LEBAY BGT tapi beneran. Gak enak banget, nyusahin banget. Padahal sebelum berangkat tuh gue udah wanti-wanti ke diri gue sendiri buat gak nyusahin temen-temen, tapi ended up malah nyusahin pake banget. Aaaaa maafin.



Setelah perjalanan turun yang makan waktu sekitar 5 jam-an, akhirnya mulai terlihat pos 1 dan akhirnya sampe gapura tempat pertama. Alhamdulillah selamat dan sehat semua :")




Masya Allah, gue yang sekitar bulan Maret-April gak bisa jalan, harus pake satu kaki / kursi roda gegara abis operasi, bisa sampe puncak Merbabu :")
Untung temen-temen aku pada sabar semua, baik, pengertian. Bener-bener pengen nangis, mikir 'kenapa sih orang-orang pada baik banget sama gue?' dan jadi bersyukurrrr bangett gue masih dikelilingi orang-orang baik.
Tuhkan. Ini aja pengen nangis lagi. Wkwkwkw knp sih i'm so soft maapin.

Bener-bener bikin gue bersyukur masih dikelilingin orang-orang baik yang emang peduli sama gue dan gak seharusnya nangis terus-terusan over someone yang emang gak baik dan not even care about me.

Terima kasih Allah, terima kasih Merbabu, terima kasih alam, terima kasih Fajar, Eko, Nia, Ami, Garuda, Naila, Fani.
AAAAAAA ku sayang kalian!





You Might Also Like

2 comments

  1. Aaaaaaaa aku sayang kaliaaan!!! Keren kerennnn������

    ReplyDelete
  2. Lu turunnya lebih cepet dari gua :(
    Hati ini sedih, gua jg jadi ngerasa kek kakek2 /anak kecil yang turunnya dituntun :v

    ReplyDelete

onmousedown='return false' oncontexmenu='return false' onselectstart='return false'>